Grup FB Fans Page
Google Yahoo
Berry Didit Yuliza Dedy Dwinda

Jumat, 13 Mei 2011

Memaknai kembali MARS AKU ANAK ROHIS

Aku Anak ROHIS
Selalu optimis
Berwajah manis
Berjengkot tipis tidak berkumis
Walau berkantong tipis tetap aktivis
........................................................
Ayo siapa yg masih ingat lirik diatas???
Saat ini mungkin ga banyak lagi yg tau lirik itu..
Tapi dulu beberapa tahun yg lalu lirik itu bagai sebuah penyemangat bagi kami para aktivis Rohis diseantero negri. Sebuah nasyid yg simpel dan mudah untuk disenandungkan.. bukan anak Rohis namanya klo ga hafal nasyid diatas.. ya karena nasyid ini yg pertama kali diajarkan saat kami masuk Rohis.
Kini setelah lebih seperempat abad berlalu, saat kembali kubaca lirik ini dalam sebuah blog teringat kembali memori indah itu, masa – masa indah putih abu-abu saat kuhabiskan sebagian waktuku bersama teman-temanku di Rohis, Sebuah Organisasi yang mengajarkan nilai-nilai Islam di dalamnya dan membentuk pribadi-pribadi muslim yang luar biasa. Dengan sebuah sentuhan Islam, seorang yang bukan siapa-siapa dahulunya, ketika bersentuhan dengan nilai-nilai Islam. Ia tumbuh menjadi sosok yang penuh motivasi dalam hidup , pembelajar keras dan tekun dan selalu berusaha menebarkan nilai-nilai kebaikan dalam lingkungan sekolahnya maupun rumahnya.
“ AKU ANAK ROHIS “ , sebuah nasyid yang sangat khusus ditujukan untuk ROHIS (Rohani Islam) sebuah ekstrakurikuler keagamaan di sekolah, baik ditingkat SMP, SMU maupun kampus. Mengapa karakter-karakter kebaikan, kepemimpinan , motivasi yang kuat hal tersebut bisa terjadi di ROHIS , karena dorongan bait kedua dari lirik nasyid tersebut yakni “ SELALU OPTIMIS “.Itulah keperibadian anak ROHIS, selalu memandang hidup dalam sudut pandang positif. Apapun kejadian hidup baik suka terlebih duka, akan disikapinya dengan OPTIMIS. Dalam kamus anak ROHIS “ Tak ada kata menyerah “ yang ada adalah berjuang dan terus berjuang. Keep Spirit
Hal menarik lagi ketika kita melihat isi dari bait ketiga yakni “ PUNYA CIRI-CIRI BERWAJAH MANIS “ itulah ciri-ciri anak ROHIS , wajah manis menandakan senyuman terindah, wajah manis menandakan kebahagian, wajah manis menandakan sebuah sikap yang memberikan kedamaian kepada siapa saja. Wajah manis adalah wajah kebaikan, ciri yang sangat luar biasa dari anak ROHIS, setelah memiliki kepribadian selalu optimis, ditambah dengan ciri berwajah manis, maka sosok anak ROHIS akan menjadi sosok yang rindukan dalam pergaulan, disenangi oleh orang-orang baik kawan, guru, orang tua, saudara dan sebagainya. Maka bila dapat ditafisrkan sosok anak ROHIS adalah sosok yang tak hanya manis wajahnya, namun manis pula dalam tutur kata baik SECARA LISAN MAUPUN TULISAN , dan juga sikap .
Bait ke empat “ BERJENGGOT TIPIS TIDAK BERKUMIS “ , ini adalah sebuah ciri yag dapat menggambarkan komitmen dari menjalankan ajaran-ajaran Islam. Memelihara jenggot adalah sebuah sunah Rasulullah SAW. Bila anak ROHIS sudah senantiasa berkomitmen dengan sunah Rasulnya, Insya Allah hal-hal yang merupakan ibadah wajib sudah senantiasa dilaksanakannya. Berjenggot tipis juga ciri anak ROHIS . Ia bagaikan tanda pengenal yang sederhana sebelum orang menilai anak ROHIS dari akhlaknya. Ahh sebuah tanda pengenal yang sangat sederhana, dan mungkin saat ini tanda tersebut sudah mulai hilang dari diri kami.
Hal terakhir dari bait Mars Anak ROHIS yaitu “ WALAU BERKANTONG TIPIS TETAP AKTIVIS “. Ini bait komitmen , janji yang harus tetap ditepati. Bahwa berkantong tipis menggambarkan kesulitan hidup , boleh dikatakan kesulitan ekonomi. Masing-masing orang memiliki problem masing-masing . Ada yang diberikan ujian kesulitan memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, membayar biaya sekolah atau kuliah, ongkos menuntut ilmu , bahkan ongkos untut berdakwah. Namun Anak ROHIS tetaplah anak ROHIS yang sampai kapanpun terhadap kesulitan tersebut tetap menjadi AKTIVIS. Ya Aktivis adalah pekerjaan dan hakikat amal yang penuh kemulian. Memaknai aktivis sebagai sosok-sosok yang menebarkan nilai-nilai kebaikan dimana saja dan kapan saja , agen perubahan bangsa dengan perbaikan dalam moralitas, pemikiran, dan aksi-aksi nyata . Karena itu pekerjan kantor, kesibukan mengurus diri, istri, anak dan keluarga, business, belajar disekolah, studi dikampus ataupun pekerjan –pekerjaan didunia lainnya, tak pernah seharusnya menjauhkan diri dari komitmen untuk tetap MENJADI AKTIVIS. Sebuah ungkapan yang indah “ Nahnu Duat Qabla Sa’I “ ( Kita adalah Dai sebelum menjadi segalanya ) .
Subhanallah sebuah syair penyemangat tersebut mudah-mudahan kembali menegaskan pada diri “ AKU ADALAH ANAK ROHIS yang memiliki keoptimisan, berwajah manis, jenggot yang tipis dan walau berkantomg tipis , AKU AKAN TETAP AKTIVIS.
Ya Rabb , Mari kita berdoa untuk diri dan rekan-rekan kita sesama aktivis dakwah dahulu, adik-adik kita yang masih di ROHIS dan seluruh anak ROHIS di muka bumi , Ya Rabb Jadikanlah kami tetap “ ANAK ROHIS “ yang akan selalu menjadi “ AKTIVIS “ hingga akhir hayat. (ac3p_hidayat@yahoo.co.id)

3 komentar:

ayyez@ mengatakan...

jazilan bkn jazilah..
ramein lg donk blognya.. mana ni profil mujahid/ah Rohis 10 nya??
foto2 kegiatan rohis??
truss biar identitasnya jelas nama blognya ditambahin pekanbaru
jadinya ROHIS SMAN10 Pekanbaru.. biar mudah dikenali dikota lain kan juga ada Rohis SMA10

OH! BLOGWALKING mengatakan...

Assalamualaikum, ya tuan empunya blog.

'singgah d blog saudara ya.'

'marilah berblogwalking di... http://ohblogwalking.blogspot.com'

'amat mudah dan senang skali'

Rohis SMAN 10 Pekanbaru mengatakan...

oke..malasih//

Posting Komentar

Syukron Jazilan ya Akhi/Ukhti Telah Berkomentar Di sini Dengan Baik dan Sopan ..
Ahlan wa Sahlan Fi Rohis 10..

 
Copyright © 2010 - All right reserved | designed by Berry Hardisakha | Published by Didit Rinjano
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.

Selamat Datang di Rohis SMAN 10 Pekanbaru

Terimakasih telah mengunjungi web Ro-X. Web ini di buat dengan tujuan agar orang lain dapat mengetahui tentang agenda agenda kami. Kritik dan saran dari sahabat sangat kami harapakan agar web Ro-X dapat berkembang lebih baik lagi ^_^v Kami Adalah Mata Air Kebangkitan Islam

Sekilas Tentang Ro_X

Ro-X mempunyai Visi : (1). Menjadikan jiwa-jiwa yang beriman dan selalu bertaqwa kepada Allah SWT. (2). Menjadikan pemuda islam yang tangguh dan mempunyai nilai kompetensi yang tinggi. (3). Menyebarkan nilai-nilai islam melalui pribadi muslim yang tangguh. Sedangkan Misi Ro_X : Menjadikan Ro_X sebagai wadah untuk membentuk kepribadian siswa/i muslim yang baik dari segi spritual, emosional maupun intelektual Ro-X juga mempunyai agenda, antara lain : Mentoring, Mukhoyam, TDF (Training Da'wah Fardiyah), Rihlah/Hiking, Keputrian, Muharram Fair, Open House, Nasyid, Mading, Teater, LDK, Teafort dan Mabit.

Info